Berita

Tips Jitu Buka Bisnis Online bagi Pemula

Seiring dengan perkembangan zaman, banyak pekerjaan dapat mudah dilakukan hanya dengan bermodalkan canggihnya teknologi saat ini.  Salah satunya yang ramai dilakukan masyarakat saat ini adalah membuka bisnis online.

Hal ini karena keuntungan yang didapatkan cukup besar dan pengelolaannya mudah. Selain itu, banyak jenis barang yang bisa Anda perjualbelikan secara online sehingga menciptakan peluang yang cukup besar.

Nah, bagi Anda yang masih baru dalam bidang tersebut, berikut ini tips menjalankan bisnis online bagi pemula.

Modal Utama: Laptop dan Internet
Ketika memutuskan akan membuka bisnis online, tentunya Anda membutuhkan modal untuk menjalankan bisnis tersebut. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan laptop/komputer dan internet.

Kedua hal tersebut menjadi hal yang penting karena tanpa keduanya sangat sulit menjalankan bisnis online. Jika belum memiliki laptop/komputer, Anda bisa menggunakan ponsel yang bisa mendukung internet.

Untuk masalah koneksi internet, Anda bisa memanfaatkan Wi-Fi gratis yang biasanya disediakan di kafe, kampus, mal, dan tempat-tempat lainnya.

Manfaatkan Media Sosial, Online Marketplace atau Blog Gratis
Banyak media yang bisa Anda gunakan untuk membuka bisnis online. Anda bisa mencoba satu, bahkan banyak media untuk menjual produk-produk Anda. mulai dari media sosial, online marketplace, blog gratis, dan masih banyak lainnya.

Jika Anda memiliki modal yang lebih, tidak ada salahnya jika membeli domain website yang nantinya dijadikan sebagai situs online shop.

Selalu Update dengan Unggah Foto Produk Satu Per Satu
Ketika Anda sudah menemukan tempat jual online, saatnya meng-update lapak online dengan baik. Cobalah menampilkan produk-produk dagangan Anda dengan rapi.

Jika perlu siapkan waktu khusus untuk meng-update lapak online, terutama jika produk yang Anda jual cukup banyak. Setidaknya, sisihkan 1 jam per hari untuk menata lapak online agar tetap terlihat rapi dan menarik.

Jangan Menggunakan Gambar Orang Lain
Agar membuat toko online Anda lebih dipercaya konsumen, akan lebih baik jika tidak mengambil gambar seenaknya dari mesin pencarian ataupun lapak-lapak online lainnya. Apalagi jika gambar tersebut sudah memiliki watermark, tentu saja membuat toko online Anda tidak dipercaya.

Belum lagi jika hal tersebut diketahui pesaing maka bisa membuat nama Anda tercoreng. Akan lebih baik jika Anda menunjukkan keorisinalitasan toko Anda. Jangan lupa pula untuk belajar banyak tentang product photography.

Berikan Deskripsi Produk yang Jelas
Kepercayaan menjadi hal utama dalam menjalankan bisnis online. Sebab konsumen tidak bisa melihat langsung produk yang dijual. Akan lebih baik jika Anda memberikan deskripsi yang jelas mengenai kondisi produk yang dijual.

Mulai dari merek, jenis, bentuk, kondisi, stok, hingga lainnya yang terkait.

Baik atau buruk kondisi barang tersebut, Anda harus berusaha jujur dengan konsumen. Jika memang kondisi tidak 100%, Anda bisa menyampaikan dengan baik, bahkan memberikan potongan harga. Dengan begitu, konsumen akan percaya kepada toko Anda dan menjadi pelanggan tetap.

Pastikan Identitas dan Kontak Jelas
Hal lainnya yang penting dan perlu Anda perhatikan adalah identitas dan kontak yang  dicantumkan di lapak online. Pastikan Anda menuliskan dengan jelas dan lengkap. Tak perlu memberikan alamat lengkap ataupun data diiri lainnya.

Cukup dengan nama dan kontak yang dapat dihubungi pihak konsumen. Dengan begitu, konsumen akan semakin percaya dan menganggap toko Anda bukan abal-abal.

Rajin Mengecek Lapak Online
Jangan lupa untuk rutin mengecek kondisi lapak online yang Anda miliki, apalagi jika kondisi lapak sudah mulai ramai. Bisa saja nantinya ada konsumen yang ingin bertanya lebih lanjut mengenai produk yang dijual.

Konsumen akan merasa senang jika pihak penjual merespons dengan cepat segala pertanyaan yang ditanyakan. Cara ini juga akan membuat banyak konsumen setia menjadi pelanggan Anda.

Bersungguh-Sungguhlah dalam Menjalankan Bisnis
Apa pun bidang bisnis yang Anda jalankan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh. Jika bekerja keras tentu saja kesuksesan bisa Anda dapatkan. Untuk itu, jangan pernah berhenti menyerah meskipun Anda sempat mengalami kegagalan.

Author


Avatar