Uncategorized

Bisnis Online Shop di Indonesia Semakin Menjanjikan, Mulailah Dari Sekarang

Jika Anda pengguna internet yang aktif maka bisnis online shop adalah salah satu topik yang sering Anda temukan di internet sekarang ini. Coba perhatikan media sosial Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Twitter, pasti sudah penuh dengan para pebisnis online shop. Bener ga?

Kebiasaan belanja online pun sudah tidak asing, dan perkembangan bisnis online shop di Indonesia semakin menjanjikan. Tidak perduli status ekonomi seseorang, bila dia sudah menggunakan smartphone, pasti mereka pernah jual-beli online. Itu artinya, bisnis online shop di Indonesia sedang “gurih-gurihnya” nih.

Selain memudahkan dalam hal transaksi, bisnis online shop juga memberikan kesempatan bagi banyak orang untuk memiliki bisnis sendiri secara mandiri. Tidak butuh modal besar untuk punya sebuah toko online, bahkan ada layanan gratis yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan usaha online shop.

Bukan modal yang besar, hal terpenting yang harus dimiliki calon pebisnis online adalah pengetahuan tentang bagaimana cara memulai sebuah usaha online shop. Sebenarnya, saya bukanlah pakar di bidang online shop tapi setidaknya saya pernah menjalankan bisnis ini selama beberapa waktu. Jadi, saya cukup paham apa saja yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

Cara Memulai Bisnis Online Shop

Banyak orang yang ingin memulai bisnis online, tapi bingung dari mana  harus memulainya. Bila Anda sudah memiliki dasar pengetahuan yang baik tentang bisnis online, maka bisnis ini akan terasa sangat mudah dijalankan dan tidak butuh modal yang besar.

Berikut ini beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk memulai usaha online shop:

1. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk atau jasa apa yang akan dijual secara online. Ada banyak sekali jenis produk yang bisa dijual. Mulai dari baju, tas, sepatu, perlengkapan bayi, makanan, dan lain sebagainya.

Pilihlah produk yang Anda sukai dan kuasai karena akan membuat Anda lebih senang menjalankan usaha online shop Anda nantinya. Misalnya Anda adalah wanita berhijab, bisa menjual baju-baju hijab. Atau jika Anda suka bercocok tanam, bisa menjual bunga atau bibit tanaman dan lainnya.

Dengan menjalankan bisnis yang sesuai pasion akan membuat Anda lebih senang melakukannya, dan peluang untuk bisa berhasil akan semakin besar.

2. Produsen, Reseller Atau Dropship?

Selanjutnya Anda harus menentukan, apakah akan menjadi produsen, reseller, atau dropshiper. Ketiganya memiliki sistem yang berbeda.

Untuk menjadi produsen tentunya Anda harus punya produk sendiri. Misalnya membuat baju, tas, atau jilbab sendiri. Untuk menjadi produsen tentunya modal yang Anda butuhkan akan lebih besar.

Sedangkan menjadi reseller berarti Anda menjual produk orang lain dan Anda harus stok barang. Anda membeli barang dari produsen lalu menjualnya kembali dengan mengambil keuntungan dari selisih harga. Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan harga ecer. Modal yang dibutuhkan tidak sebesar menjadi produsen.

Untuk menjadi dropshiper, Anda nyaris tidak butuh modal. Lho kog bisa? Seorang dropshipper bisa menjual produk orang lain tanpa perlu stok barang terlebih dahulu, tidak perlu pusing memikirkan proses packing dan pengiriman barang. Semua proses pengiriman dilakukan oleh supplier Anda.

Lalu pilih yang mana? Anda bisa menyesuaikan dengan kondisi Anda saat ini. Bila Anda seorang pemula, maka sangat disarankan untuk mengawali bisnis online shop dengan cara menjadi dropshipper.

3. Media  Promosi

Untuk menjalankan bisnis online shop, Anda akan membutuhkan media promosi untuk menjajakan produk yang Anda jual. Kalau dulu mungkin para pemula sulit ya untuk mulai berjualan. Untungnya dengan kemajuan teknologi dan berbagai media online sekarang ini, bisa  digunakan untuk berjualan ataupun untuk membranding usaha online shop Anda.

Beberapa channel yang sering digunakan untuk berjualan ataupun branding adalah situs media sosial, situs marketplace, blog, ataupun jaringan periklanan berbayar seperti Google Adwords dan Facebook Ads. Saat ini marketplace di indonesia semakin bermacam, misalnya Tokopedia, Bukalapak, Indotrading, dan lain-lain. Anda bisa pilih marketplace yang paling cocok dengan produk Anda.

4. Strategi Promosi

Selain menemukan media promosi yang tepat, Anda juga harus menemukan strategi promosi yang tepat untuk bisnis online shop Anda. Tanpa adanya strategi promosi yang tepat maka kemungkinan besar produk yang dijual akan sulit laku atau tidak memiliki konsumen setia.

Salah satu strategi promosi bisnis online shop yang sangat efektif saat ini adalah dengan menggunakan strategi endorse melalui beberapa orang yang berpengaruh. Misalnya di Instagram, bisa endorse ke selebgram atau artis. Untuk melakukan endorse tentunya membutuhkan modal promosi yang cukup besar.

Selain strategi endorse, promosi dengan menggunakan Facebook Ads dan Google Adwords juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Dan tentu saja kita harus melakukan banyak campaign agar bisa menemukan strategi promosi yang paling efektif.

sumber : maxmanroe.com

 

Author


Avatar