Uncategorized

Belum Telat, Cicipi Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan Tahun Ini

Meski 2018 sudah berada di tengah tahun, namun bukan berarti tak ada kesempatan untuk meraih sukses memulai usaha. Bagi Anda yang sudah siap untuk terjun di dunia bisnis, segera mulai dan realisasikan.

Ada banyak jenis usaha yang bisa dijalankan, salah satunya adalah bisnis online yang keberadaannya semakin dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi. Lalu, peluang bisnis online apa saja yang menjanjikan untuk dirintis pada tahun ini?

Zaman sekarang sudah tidak sulit untuk menemukan transaksi yang dilakukan secara online. Hal ini karena masyarakat merasa bahwa cara online sangat efektif dan efisien, baik dari segi tenaga, waktu, maupun biaya.

Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut peluang bisnis online yang menjanjikan di tahun 2018 dan nikmati keuntungan di penghujung tahun ini.

1. Menjadi reseller, kenapa tidak?

Sebutan reseller adalah bagi orang yang menjual kembali barang yang dibelinya. Tentunya mereka menjualnya dengan harga yang berbeda dibanding harga aslinya agar dapat memperoleh keuntungan dari bisnis tersebut. Biasanya, para penjual memberikan harga khusus kepada reseller sehingga keuntungan yang bisa Anda peroleh juga semakin banyak.

Sebelum menjadi seorang reseller, tentukan terlebih dahulu produk apa yang hendak Anda jual kembali. Hal ini agar Anda bisa menyesuaikannya dengan segmen dan selera pasar yang menjadi target Anda. 

Saat ini, barang yang tengah digemari oleh masyarakat adalah pakaian dan produk kecantikan. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk menjual barang-barang tersebut dan pastikan bahwa produk kecantikan itu asli agar pelanggan Anda puas dengan layanan Anda.

2. Membuka jasa titip beli

Di zaman yang supercanggih ini, sangat mudah ditemukan produk-produk palsu, khususnya produk kecantikan. Banyak penjual yang tidak bertanggung jawab menjual barang-barang palsu sembari menawarkan harga yang fantastis mahalnya. 

Bukan tidak mungkin, membuat masyarakat terkecoh dengan hal ini karena berpikir barang mahal pasti selalu berkualitas. Oleh sebab itu, Anda bisa membantu mereka untuk mendapatkan barang yang asli, dengan membuka jasa titip. 

Tentu, bisnis ini juga akan menghasilkan uang bagi Anda, karena ada fee dari jasa yang Anda tawarkan tersebut. Sembari jalan-jalan bisa menghasilkan uang, kenapa enggak?

3. Menjadi dropshipper

Meskipun terkesan sama, akan tetapi dropshipper berbeda dengan reseller. Saat Anda memutuskan untuk menjadi seorang reseller berarti Anda harus membeli terlebih dahulu barang yang hendak Anda jual. 

Akan tetapi, jika Anda tertarik berbisnis dropshipper, Anda tidak dikenakan biaya apapun selain paket internet yang Anda gunakan.

Hal ini karena Anda hanya bertugas untuk mempromosikan barang yang ingin Anda jual dan si penjual utama akan mengirimkannya kepada pelanggan Anda dengan nama Anda atau nama toko Anda. Dengan begitu, pelanggan Anda akan berpikir bahwa memang toko Andalah yang menjual barang tersebut.

4. Jual barang bekas secara online

Meskipun terkesan “tidak terpakai”, ternyata barang bekas masih bisa menghasilkan uang untuk Anda. Daripada barang-barang tersebut hanya memenuhi ruangan Anda, lebih baik Anda menjualnya. Tentu barang-barang bekas tersebut harus masih bisa dan layak dipakai.

Bukan hanya membuat ruangan Anda terkesan sempit karena banyaknya barang-barang yang tidak terpakai di dalamnya. Anda bisa menjualnya lewat online. Buatlah akun sosial media khusus untuk bisnis Anda tersebut, atau membuat akun marketplace khusus untuk menjual barang-barang bekas yang cukup banyak dijumpai sekarang ini.

5. Jasa desain, ok juga!

Jika Anda ahli dalam hal desain, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang usaha tahun ini. Manfaatkan dan maksimalkan kemampuan serta kreativitas Anda melalui hasil desain Anda. Sebab di zaman sekarang, cukup banyak orang secara perorangan atau bahkan perusahaan yang membutuhkan jasa desain.

6. Bisnis kuliner

Berbisnis tidak hanya melulu menjual barang tanpa memproduksinya sendiri. Nah, bila Anda hobi memasak, kenapa tidak menjadikannya sebagai alternatif untuk berbisnis. Anda bisa membuat aneka makanan yang memang lagi hits dan pasarkan dengan baik.

Tak perlu bingung bagaimana cara menjual kuliner sekarang ini. Bila tak memiliki tempat atau lokasi untuk membuka bisnis kuliner Anda seperti kafe misalnya, Anda bisa menjualnya secara online. 

Banyak aplikasi pesan makanan secara online yang bisa dimanfaatkan untuk ini. Jadi bila ingin berbisnis kuliner, Anda tidak harus membuka restoran dan mengeluarkan banyak uang untuk bangunan. 

Anda cukup memasak contoh masakan yang ingin Anda jual, lalu memfotonya dan mengunggah di aplikasi pesan makanan online, atau membagikan ke sosial media yang Anda miliki. Setelah itu, tunggulah respons masyarakat mengenai penawaran Anda perihal makanan lezat tersebut

7. Kerajinan tangan

Nah, pilihan lain peluang bisnis yang bisa Anda tangkap adalah kerajinan tangan. Jika Anda memiliki kemampuan lebih dalam bidang seni kerajinan tangan, Anda bisa membuatnya menjadi penghasil uang. 

Buatlah sebuah karya dan promosikan di sosial media atau menjualnya di marketlace. Jangan lupa untuk memberikan detail produk saat melakukan promosi, agar masyarakat bisa lebih mengetahui produk yang Anda tawarkan tersebut. 

Bisnis online menjadi solusi bagi Anda tahun ini

Berhentilah mengeluh karena tidak kunjung mendapat pekerjaan sampai saat ini. Anda bisa membuka usaha Anda sendiri yakni bisnis online. Tidak harus mengeluarkan banyak uang sebagai modal, hanya kegigihan dan ketekunan Anda saja dalam menjalaninya. Selamat mencoba!

sumber : viva.com

Author


Avatar